.

.

Minggu, 08 Juli 2012

100 HIKMAH MANAQIB TQN SURYALAYA

Oleh: Andika darmawan
Di antara bukti dahsyat & luar biasanya bimbingan Pangersa Abah adalah adanya kurikulum acara MANAQIB TQN Suryalaya (TQNS).

Manaqib TQN Suryalaya, susunan acaranya dibuat begitu ringkas, baku, efektif, & efisien. Namun pelaksanaannya dibuat sangat fleksibel, multiguna & berdaya jangkau luas. Pola pengamalan manaqib seperti ini bahkan tidak ada pada TQN silsilah lain, apalagi pada thariqah & jam'iyyah lain.

Pelaksanaan acara manaqib TQN Suryalaya, tidak mengikuti pola yang berlaku umum, yang acara intinya adalah pembacaan seluruh kisah Tuan Syaikh dalam satu kitab. Terkadang pembacaannya sepenuhnya menggunakan bahasa Arab. Sehingga paham tidak paham, hadirin hanya ditekankan untuk meraih aspek barakah & karamahnya saja. Sedangkan pada manaqib TQN Suryalaya, yang acara intinya sudah diringkas & dibakukan mnjadi pembacaan Al-Qur'an, Tanbih, Tawassul & Manqabah, maka selain kedua aspek tersebut, hadirin juga dapat meraih berbagai hikmah & pelajarannya.

Secara garis besar acara manaqib TQN Suryalaya terdiri dari 2 kategori, yaitu KHIDMAT AMALIAH & KHIDMAT ILMIAH. Dengan susunan acara khidmat ilmiah selalu di akhir acara. Artinya setelah bersama-sama mengamalkan berbagai amaliah, baru diakhiri dengan taushiyah & nasehat untuk peningkatan ilmu, amal, akhlaq & sirr. Sehingga dengan format acara seperti ini, maka siapa pun yang menjadi penceramah atau pembicara manaqib akan selamat dari "kebencian" Allah swt, akibat menyampaikan apa-apa yang tidak dilakukannya.(QS
: Ash-Shaff Ayat : 3)

Sebagai paket metoda pembinaan ibadah & riyadhah, acara manaqib TQN Suryalaya sangat FULL KEBAIKAN. Jika kita perhatikan pelaksanaannya, khususnya yang diselenggarakan malam hari, diawali dengan shalat Maghrib berjama'ah, lalu Dzikrullah, khataman, shalat-shalat sunnah, shalawat Bani Hasyim, shalat Isya berjama'ah, dzikrullah, Lidaf'il Bala, khataman, makan bersama, baru kemudian pelaksanaan Manaqib. Begitu penuh dengan kebaikan.

Syaikh Ibnu al-Qayyim ra telah menginventaris 73 manfaat dzikrullah. Sedangkan di dalam majelis manaqib TQN Suryalayatidak hanya berisi dzikrullah berupa dzikir jahr & dzikir khafi saja, tapi juga shalat brjama'ah awal waktu, majelis silaturrahim, ladang khidmat, ladang shadaqah, ladang dakwah & majelis ilmu. Oleh karena itu, dengan sekali hadir di majelis manaqib TQN Suryalaya, insya Allah kita akan tercatat mendapatkan lebih dari 100 KEBAIKAN. Alhamdu Lillaah... Terima kasih Pangersa Abah...!

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes