.

.

Sabtu, 22 Desember 2012

Asal-usul nama TQN Suryalaya

ASAL-USUL TQN SURYALAYA (TQNS)

Dari jaman Syekh Ahmad Khottib Sambas hingga saat ini, Toriqoh Qodiriyyah wan Naqsabandiyyah tidak ada yang disingkat menjadi TQN atau TQNS kecuali silsilah yang melalui jalur Abah anom qs (beliau adalah mujaddid)  sebab
di jaman Abah Anom qs terjadi pembaha
ruan, salah satunya tentang penyingkatan nama toriqoh dan penambahan nama suryalaya yang kemudian dikenal dengan nama TQNS.  

Kalau saat ini, Pangersa Abah Gaos Ra tetap menggunakan nama TQN Suryalaya bukan TNQ Sirnarasa karena jalur silsilah TQN beliau terima atau peroleh dari Gurunya yaitu Pangersa Abah Anom qs, makanya beliau tetap menggunakan nama TQN Suryalaya. Lain halnya kalau beliau mengambil toriqoh dari jalur yang berbeda, maka pernyataan/kebijakan yang menyatakan silahkan mengikuti Abah Gaos dengan TQN Sirnarasa tidak ada masalah, tapi permasalahannya beliau mengambil dari jalur Abah Anom qs itu yang perlu dipertanyakan bahkan digugat secara keilmuan dan amal..


ASAL-USUL AMALKAN, AMANKAN & LESTARIKAN

Pada tahun 1994 Pangersa Abah Anom bersabda : Amalkan, Amankan dan Lestarikan,  kepada Pangersa Abah Gaos Ra. Di tahun tersebut berbarengan dengan Ajengan Jejen Sukabumi, diangkat menjadi Dewan Dakwah Suryalaya oleh Abah Anom menggantikan Pangersa Abah Gaos Ra.

Sebelum
tahun 1994, yang ada itu hanya kata Amalkan dan Amankan saja. Tetapi sejak pelimpahan tugas dakwah dari Pangersa Abah Gaos ke Ajengan Jejen, Pangersa Abah Gaos mendapat mandat untuk Lestarikan.

Sehingga kini muncullah Amalkan, Amankan, Lestarikan dari Pangersa Abah Anom kepada Pangersa Abah Gaos sehingga sampai kepada kita.


ASAL-USUL GELAR SAEFULLOH MASLUL

Abah Anom telah memberikan Gelar tersebut kepada beliau Hadrotus Syaikh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Ra. Saefulloh Maslul adalah Nama kebesaran Sulton Aulia Syech Abdul Qodir Al Jilani QS. 

Bukan "Saefulloh Maslul" namanya kalau tidak kuat, tajam, gagah, dan luas. Kata Abah Anom kepada Abah Gaos " Jangan naik ring kalau tidak kuat ditonjok". Artinya beliau sudah teruji, diuji oleh Syekh-nya yang Agung. pesan tersebut selalu diingat oleh beliau dan berbagi kepada kita yang butuh.  Sekali lagi INGAT !!! Bagi yang BUTUH walaupun ujian bertubi-tubi datang menerpa beliau



ASAL-USUL PENGEMBAN AMANAH

Kita harus tahu yang namanya PENGEMBAN AMANAH adalah pengemban amanah YSB Pontren Suryalaya-yaitu orang yang ditunjuk untuk bertanggung jawab menjaga hal ihwal PPSuryalaya..INGAT... BUKAN pengemban amanah (TQN) THORIQOH QODIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH....  

......................BEDAKAN YACH..........................???

Atau dengan kata lain Abah Anom Qs menyerahkan urusan Yayasan Pontren kepada 3 orang yaityu ;

  1. Masalah Pesantren diserahkan kepada kh Dudun, 
  2. Masalah yang mengenai dunia pendidikan misal Sekolah / kampus diserahkan kepada Abah Nur Anom dan 
  3. Masalah jubir diserahkan kepada kh Zainal Abidin Anwar 
itu semua istilahnya disebut  Pengemban Amanah. Bukan Pengemban amanah TQN Suryalaya ,,,,jangan salah yach????

Karena hal inilah Pangersa Abah Gaos Ra bertanya kepada Ajengan Zainal Abidin Anwar perihal pembentukan pengemban amanah... Ajengan Zainal Abidin Anwar saat itu menjawab, itu adalah usulan dan desakan salah satu wakil talqin ( yang saat ini sudah almarhum )... yaitu Kyai Abdul Salam Nasution

Nama-nama Pengemban Amanah itu adalah..
1-Hj Dudun Almarhum (putra Abah Anom) 
2-KH Noor Anom Mubarok Almarhum (Adiknya Abah Anom)
3-K.H Zaenal Abidin (Kyai enjen)

INGAT !!! Perlu kita ketahui bahwa Ponpes Suryalaya adalah sebagai lembaga atau wadah atau identitas TQNS, jika terkait dengan lembaga silahkan merujuk ke pengemban amanah yang terkait tetapi jika yang berkaitan dengan ketoriqohan silahkan ke Pangersa Abah Gaos sebab beliau yang dipilih untuk meneruskan estapet ini.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes