.

.

Kamis, 03 Mei 2012

SEBUAH AWAL KESADARAN

Oleh: Anfas Kusumo Al-akhyar

Orang yang belajar thoriqoh secara tidak langsung ia berarti belajar membangkitkan kesadaran ruhaninya. Dimana didalam keseharian hidup, kesadaran kita banyak terfokus dialam badan kasar , alam anasir, atau diluar alam ruhaniyyah.


Dimulai dari belajar berthoriqoh, kita akan memulai sebuah awal kesadaran. Diawal inilah titik berat sebuah kesadaran dimulai, setahap demi setahap kita mulai kearah asal mula kita berasal.


Untuk mencapai kesadaran ruhani itu tidaklah mudah, kita harus bisa melewati dan memindahkan dari tingkat kesadaran alam jasad/badan/maya/fana menuju alam ruhani.


Sedangkan tahapan yang pertama yang harus dilalui oleh sang penempuh spiritual adalah sulitnya memindahkan dari titik jasad menuju kepada kesadaran titik ruhani yang bereksistensi pada qolbu, tanpa seorang bidan yang membidangi atau ahlinya dibidangnya mustahil anda akan mencapainya.


Maka jangan heran banyak manusia-manusia yang terjebak diantara alam jasmani dan alam ruhani, mereka akan terus terisolasi diantara keduanya....sampai Alloh memberikan rahmatnya melalui seorang Wali Mursyid sebagai penolongmu, sebagai wasilahmu, manusia yang memiliki otoritas melewati diantara kedua alam tersebut, yaitu alam ruhani dan alam jasmani.


Dialah manusia yang mempunyai visa khusus untuk keluar masuk diantara batas keduanya. kalau anda tidak segera mendekapnya,,,Anda akan rugi dan dipastikan akan terisolasi diantara batas keduanya. Dan mungkin anda akan menjadi bayangan semu untuk saudara-saudara anda didunia ini
 
DIMULAINYA SEBUAH AWAL KESADARAN
Sebelum ada apa-apa dialam jagad raya ini tercipta adalah Sang Maha hidup Ya Alloh Ya AKU yang ada dialam kelanggengan, tiada awal dan akhir yaitu alam kerahasiannya Alloh. Dimana alam kerahasiannya Alloh itu? Kerahasiannya ada dimakhluknya yang bernama manusia.
Pada saat itulah Alloh berkehendak menurunkan Roh Qudus (Suci) dialah cahaya Alloh, dialah Nur Alloh, dialah Hidup Kita, Dialah Hidup kita yang Maha Suci.
Didalam alam kerahasiaan itu tidak mengandung anasir-anasir (unsur hawa, api, air dan tanah) yang bereksistensi didalam qolbu manusia, dimana cahaya itu memancar memberi kesadaran didalam qolbunya. Alam kerahasiaan ini diselubungi oleh dua alam yaitu; alam jasmani dan alam ruhani.
Cahaya yang memancar itu adalah HIDUP kita, yang merupakan kandang Nur yang memancarkan Cahaya Kehidupan yang membayang dan merupakan rahasia Alloh ,  yang berada pada pusat hidup kita orang jawa mengatakan dengan simbol " susuhing angin " (pusatnya angin) itulah kerajaan Alloh yang tiada dapat diterangkan bagaimana dan dimana orientasinya, bagaikan tempat yang tiada utara-selatan-barat-timur dan atas-bawah.
Apa sebenarnya hakikat alam kerahasiaan Alloh itu, untuk mengetahuinya carilah Guru Mursyid sehingga anda akan tahu alam kerahasiaan Alloh itu.
Kalau boleh saya simpulkan didalam diri manusia ada 3 alam yaitu; alam jasmani, alam ruhani dan alam kerahasiaan Alloh ( yang tahu hanya hamba dan Tuhannya ) mengambil ruang didalam diri manusia.
Namun kebanyakan diantara kita tidak tahu, kalaupun tahu...juga tidak mengerti, kalaupun mengerti tidak akan tahu keberadaannya. Disebabkan alam tersebut samar-samar yang membayang diri kita.
 
CAHAYA HIDUP / NUR HIDUP
Cahaya ini memberikan daya atau kekuatan kepada Rasa / Sirr artinya Cahaya / Nur / Roh Qudus / Roh Suci menghidupkan Rasa / Sirr yang merupakan sumber kuasa dan Inilah yang disebut Maha Kuasa. disebabkan Rasa / Sirr menghidupkan Roh / Sukma yang mewujudkan adanya cipta. 
Cipta adalah jiwa (Nafs) yang mempunyai kehendak dan pengetahuan. Cahaya ini akan hidup dan mempunyai kehendak dan pengetahuan ilahiyah bukan pengetahuan syaithoniyah, maka cahaya ini harus dihidupkan oleh orang yang hidup ( Qolbunya Hidup bersama Alloh ) tanpa itu tidak akan hidup, tidak akan mengerti, tidak akan tahu rahasia terbesar ilahiyah
Kalau kita sudah menerima anugerah dari Yang Maha Agung dari Guru Agung yaitu Talqin Dzikir, maka anda memasuki titik awal yang baru, anda akan merasakan hal-hal yang baru dan aneh-aneh karena mata bathin sudah mulai ancang-ancang, sedikit demi sedikit hijab yang menyelubungi ruh jasmani dan ruh ruhani sudah mulai terkuak. Sehingga keghaiban yang selama ini merupakan misteri kehidupan dapat dimengerti dan diselaminya. Ia akan tahu hakikat tuhannya, itulah sebuah karunia yang Maha Agung dari Guru Agung.
 
FUNGSI ANGAN-ANGAN

1. Angan-Angan yang berkecendrungan ke nafsu syahwat adalah bayangan dari hakikat rasa, apabila dapat dikuasainya maka akan menjadi dasar kekuatan akan keindahan, sehingga ketika orang yang sedang berdzikir, kadang-kadang ia merasakan suatu kenikmatan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

2. Angan-angan yang berkecendrungan serakah, tamak, mau menang sendiri, malas dan lain-lainnya. Apabila angan-angan ini dapat dikuasai ia akan menjadi sebuah dasar kekuatan, tandanya ia akan mencintai dzikir walaupun ia belum tau hakikat yang ia cintai. ‎

3. Angan-angan yang berada didarah, yang wataknya beringasan, amarah, tidak sabaran dan gelap mata. Jika ia dapat dikuasai maka ia akan menjadi sebuah kemauan dan ketekunan dalam berdzikir, tandanya ia akan mengutamakan dzikir dari pada amalan-amalan lainnya.

4. Angan-angan yang berada ditulang sum-sum ia akan menghasilkan kekuatan kehendak yang menyebabkan keinginan-keinginan atau cita2. Dan ini merupakan sarana Karsa Alloh akan menjadi negatif bila tidak dikendalikan dengan dzikir, tandanya ketika seorang sedang berdzikir, timbul suatu hasrat keinginan yang ingin berlama-lama didalam berdzikir ( ingin nambah terus dzikirnya )

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalam..salam tanbih..sangat bagus dan menjiwai..posting terus dan hidupkan musholah miftakhul zannah..karena disitulah malaikat berkumpul.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes