.

.

Minggu, 25 Maret 2012

HIKMAH JUMLAH DZIKIR

RAHASIA DAN HIKMAH DARI PENETAPAN JUMLAH DZIKIR

Rahasia dan hikmah dibalik penetapan jumlah dzikir pada umumnya juga jarang dijelaskan secara terperinci oleh seorang syech atau mursyid (Murabbi). Ibarat seorang dokter sendiri, yang juga jarang memberikan jenis dan dosis obat tertentu kepada pasiennya. Mungkin ada pasien yang diberi obat dengan dosis tertentu, termasuk berapa kali harus diminum dalam sehari semalam.

Para Mursyid pada umumnya membatasi diri dalam memberikan penjelasan tentang apa hikmah atau manfaat amalan-amalan dalam tarekat, Karena dikhawatirkan akan mengurangi kualitas dari keikhlasan sipengamal wirid. Yang pastinya, tentu saja ada hikmah dan manfaat dari segala sesuatu yang diamalkan karena Alloh SWT. Ada kualitas+kualitas batin yang dialami oleh yang bersangkutan, biasanya dalam bentuk ketenangan dalam sholat, kelapangan dada, berkurangnya rasa ingin marah dan lain-lainnnya.



SETIAP TAREKAT BERBEDA JUMLAH AMALAN DALAM BERDZIKIR

Secara Populer dzikir dan wirid bisa dibedakan. Dzikir adalah menyebut atau mengingat-ingat Alloh SWT, kapan dan dimana saja. Sedangkan wirid sesungguhnya sama dengan Dzikir. Bedanya wirid seringkali ditentukan oleh jenis, jumlah dan prosedur apa yang menjadi bacaanya.

Setiap tarekat biasanya mempunyai amalan-amalan khusus. Amalan khusus tersebut biasanya bersumber dari pengalaman spiritual syech atau mursyid tarekat yang bersangkutan. Pada umumnya amalan-amalan sebuah tarekat tidak memutlakan secara exact ( pasti ). Biasanya memang ditetapkan standar minimal untuk sebuah amalan atau bacaan. Boleh juga lebih tetapi diusahakan tidak kurang dari standar yang ditetapkan.

Sumber: KH Luqman Hakim

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes