.

.

Jumat, 23 Maret 2012

ISLAM IMAN DAN IKHSAN

ISLAM
Menurut Ibnu Ajibah Al-Hasany, bahwa islam itu adalah Jalan syariat, fungsinya untuk ibadah dan disanalah seorang hamba menjalankan fungsi ibadah yang bersifat lahiriyah sebagaimana diatur dalam buku-bulu islam.

Islam berarti menata kehidupan lahiriyah kita semua. Agar fungsi keislaman kita benar, maka harus ada tiga hal :
1. Taubat
2. Wara' ( menjaga perintah dan menjauhi larangannya )
3. Istiqomah
Jika ketiga hal tersebut berjalan maka keislaman kita juga berjalan. Artinya orang tidak bisa Istiqomah manakala setiap hari orang tidak mau bertobat dan tidak mau bersifat Wara.



IMAN
Fungsinya menata keyakinan dan batin kita. Orientasi keimanan kita adalah upaya batin kita untuk semata hanya menuju kepada Alloh dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari kita.

Jalan menata keimanan inilah yang disebut THARIQAT. Dan thariqat itulah yang menata batin kita, melalui amaliyah dan ilmu2 tasawufnya.

Namun jalan menuju thariqat secara konsisten juga perlu ditopang tiga hal:
1. keikhlasan
2. kejujuran hati
3. ketentraman jiwa
Orang tidak bisa ikhlas kalau hatinya tidak jujur dihadapan Alloh. Dan orang tidak bisa mencapai ketentraman jiwanya manakala tidak ada keikhlasan dan kejujuran hati.

 
IKHSAN
Adalah ibadahnya rasa batin ( al-asrar ) yang ada dalam jiwa kita. Yaitu kita menyaksikan Alloh dalam ibadah kita, atau minimal kita harus terus menerus merasa dilihat oleh Alloh Ta'ala. Itulah jalan hakikat.

Namun situasi hakikat itu sendiri tidak akan bisa diraih jika seseorang tidak menjalani tiga hal bertahap:
1. Muroqobah
Yaitu fokus jiwa kita hanya mengingat Alloh tanpa henti, atau disebut dengan Dawamudz Dzikro. Bila seseorang bisa muroqobah maka ia akan bisa Musyahadah.

2. Musyahadah ( penyaksian )
Yaitu menyaksikan Alloh dimana2 kapan saja dan tidak dimana-mana. Yang menyaksikan adalah mata hatinya, bukan mata kepalanya. Maka puncak dari musyahadah adalah ma'rifatulloh.

3. Ma'rifatulloh
Adalah definisi dan praktek dari Al-Ihsan. Namun proses pertumbuhan spritual seperti itu semua tidak akan bisa diraih kecuali jika anda dibimbing oleh seorang Wali Mursyid.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

alhamdulillah semoga pertolongan Alloh swt mengiringi kita untuk menempuh nya (paoes3rut)

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes