.

.

Selasa, 13 Maret 2012

SHOLAT JAMA TAQ'DIM DAN JAMA TA'KHIR

CARA /KAFIAT SHOLAT JAMA TAQ’DIM
A. BAGI DZUHUR DAN ASHAR

Jika sudah masuk waktu dzuhur maka segera kita sholat dzuhur terlebih dahulu dua rokaat, kemudian setelah salam, maka kita bangun untuk mengerjakan sholat ashar dua rakaat pula dan inilah lafadz niat sholatnya :
  1. Usholli fardlu dzuhri rok’ataeni majmuan bil asri lillahi taala ( Saya niat sholat  fardlu dzuhur dua rakaat dijama dengan ashar karena Alloh )...Allohu akbar. Setelah salam maka kita bangun untuk untuk shalat asharnya, dan inilah lafadz niat sholatnya   
  2. Usholli fardlu asri maksurotan lillahi taala”( Saya niat sholat fardlu ashar di qosar karena Alloh )
B. BAGI MAGHRIB DAN ISYA

Jika sudah masuk waktu maghrib, maka segera kita sholat maghrib tiga rakaat. Kemudian setelah salam, maka kita bangun untuk mengerjakan sholat isya dua rakaat. Inilah lafadz niat sholatnya :
  1. Usholli fardlu maghribi tslatsa rok’atin majmu’an bil isyai lillahi taala ( saya niat sholat fardlu maghrib tiga rakaat di jama degan isya karena Allah )  Setelah salam maka kita bangun untuk mengerjakan shalat isya 
  2. Usholli fardlu isya’I maksurotan lillahi taala ( Saya niat sholat fardlu isya di qhosor karena Alloh )
 
CARA/KAFIAT SHOLAT JAMA TA’KHIR 
A. BAGI DZUHUR DAN ASHAR

Apabila sudah masuk waktu dzuhur, maka segera niat menta’khirkan dzuhur ke ashar di dalam hati, niatnya sbb : 
Saya sengaja menta’khirkan fardlu dzuhur ke ashar serta aku himpunkan antara keduanya, padahal waktu itu kita bukan dalam keadaan sholat, nanti setelah masuk waktu ashar, maka kita kerkakan dzuhur dan ashar dengan dua salam, adapun pelaksanaannya boleh di dzuhur lebih dahulu atau ashar lebih dahulu, karena kedua sholat tersebut telah masuk waktunya, dan inilah lafadz niat sholatnya :

1. Usholli fardlu dzuhri maksurotan lillahi taala ( Saya niat sholat fardlu dzuhur di qoshor karena Alloh )  
Setelah salam, maka kita bangun untuk mengerjakan sholat ashar :

2. Usholli fardlu asri maksurotan lillahi taala ( Saya Niat sholat fardlu ashar diqoshor karena Alloh ) 
B. BAGI MAGHRIB DAN ISYA

Apabila sudah masuk waktu maghrib, maka segera kita niat menta’khirkan fardlu maghrib kepada isya didalam hati : 
“Saya niat menta’khirkan fardlu maghrib kepada isya serta aku himpunkan antara keduanya” 
Padahal waktu itu kita bukan dalam kedaan sholat, nanti setelah masuk waktu isya maka kita kerjakan maghrib dan isya dengan dua salam. Adapun pelaksanaannya boleh maghrib dahulu kemudia isya atau isya dahulu kemudian maghrib, karena kedua sholat tersebut sudah waktunya, inilah lafadz niat sholatnya :

1. Usholli fardlu maghribi tsalatsa rakaatin majmu’an ilal isyai lillahi taala ( Saya niat sholat fardlu maghrib tiga rakaat dijama dengan isya lillahi taala )
 Setelah salam, maka kita bangun untuk sholat isya dan inilah lafadz niat sholatnya :

2. Usholli fardlu isya’I rok’ataeni maksurotan lillahi taala ( Saya niat sholat fardlu isya di qoshor karena Alloh )
 
Perhatian :
  1. Setelah membaca surat Al-Fatihah, maka kita baca surat, ini jika sholat munfarid (sendirian), jika kita mengikuti imam maka tidak boleh membaca surat lagi.
  2. Sunat jahar (mengeraskan suara) bagi sholat yang disunantkan jahar, seperti maghrib dan isya dan di siirkan bagi sholat dzuhur dan ashar.
  3. Bila sholat berjamaah, maka bagi makmum wajib tambah lafadz ma’mumam (ikut imam) dan bagi imam surat tambah lafadz imaman (jadi imam) pada waktu takbiratul ihrom.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih info yang sangat bermanfaat apalagi bagi kami yang hidup di eropa dengan perbedaan waktu puasa yang hampir 19 jam.sungguh suatu kemudahan untuk melaksanakannya

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes